Indonesia Rilis Internet 5G, Mantap untuk dicoba

0
657

Saat 5G masuk ke Indonesia akan membuat pengalaman berselancar di dunia maya jauh lebih baik. Salah satunya adalah menonton streaming seperti di platform Netflix akan terasa berbeda untuk tiap kualitas gambar.

“Mungkin di handset yang kecil enggak terlalu terasa, tetapi kalau kita nonton Netflix di layar lebih lebar terasa antara HD dan bukan HD, bahkan mungkin ada Ultra HD,” kata Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, saat Digital Media Update Kesiapan XL Axiata Menuju 5G, Rabu (23/12/2020).

Dia menambahkan pengalaman bermain gaming pun juga akan meningkat. Saat 5G hadir, gaming online bisa dimainkan tanpa lagging.

Selain itu di perangkat Internet of Things (IoT), 5G akan mengembangkan lebih baik lagi, menurutnya bisa menghubungkan ribuan hingga jutaan perangkat nantinya. Termasuk device wearable dan mengontrol koneksi dalam skala yang lebih besar.

Menurutnya penggunaan 5G juga menjadi jauh lebih hemat energi. Saat ini dia menuturkan jika technology owner banyak yang mengurangi konsumsi listrik pada perangkatnya.

“Artinya mereka menerapkan teknologi yang baru untuk mengurangi power consumption. Di 5G lebih signifikan lagi Penurunan nya sekitar 90 persen dibandingkan apa yang dimiliki sekarang,” ujar Darmayusa.

Darmayusa menyatakan saat komersialisasi 5G nanti pasti konsumen terlebih dulu yang akan mencicipinya. Namun yang menjadi perhatian adalah kehadiran ekosistem handset yang sudah mendukung spektrum tertentu.

“Semua ekosistem harus dicek, yang pertama kita cek device ready atau engga,” kata dia.

Saat ini XL memiliki 1800 MHz dan 2100 MHz. Dia mencontohkan dua ponsel yang menggunakan spektrum tersebut adalah iPhone 12 dan Samsung Galaxy S20 series.