Bitcoin sekarang menjadi primadona investasi banyak orang, termasuk CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk. Tapi Bill Gates sebagai salah satu orang terkaya di dunia tidak tertarik untuk ikut investasi bitcoin.

Hal ini diungkapkan Gates dalam wawancara dengan jurnalis Andrew Sorkin di platform audio chat Clubhouse. Co-founder Microsoft ini mengatakan ia lebih memilih berinvestasi ke perusahaan yang membuat produk, seperti pembuat vaksin malaria dan campak.

Gates juga mengatakan ia tidak melirik bitcoin karena mata uang kripto ini tidak ramah lingkungan karena memerlukan tenaga komputasi dan konsumsi listrik yang besar.

“Bitcoin menggunakan lebih banyak listrik per transaksi daripada metode lainnya yang diketahui manusia. Jad itu bukan sesuatu yang bagus untuk iklim,” kata Gates, seperti dikutip dari GeekWire, Jumat (26/2/2021).

“Jika itu menggunakan listrik ramah lingkungan dan tidak memenuhi penggunaan lain, mungkin pada akhirnya tidak akan bermasalah,” sambungnya.

Ini bukan pertama kalinya Gates membicarakan bitcoin dalam minggu ini. Dalam wawancara sebelumnya dengan Bloomberg, pria berusia 65 tahun ini mendiskusikan Elon Musk dan antusiasmenya akan bitcoin.

Musk memang dikenal sering mempromosikan bitcoin lewat Twitter dan platform media sosial lainnya. Ia juga baru-baru ini membeli bitcoin sejumlah USD 1,5 miliar lewat Tesla, tapi Gates mengatakan orang biasa sebaiknya berhati-hati jika ingin mengikuti jejak Musk.

“Elon memiliki banyak uang dan ia sangat canggih, jadi saya tidak khawatir jika bitcoin-nya naik atau turun secara acak,” kata Gates kepada Bloomberg.

“Pemikiran umum saya adalah jika Anda memiliki lebih sedikit uang daripada Elon, Anda mungkin harus berhati-hati,” sambungnya.

Gates sebenarnya telah lama skeptis terhadap bitcoin. Dalam wawancara dengan CNBC pada tahun 2018, ia mengatakan akan ‘short’ bitcoin kalau bisa.

Short-selling atau shorting adalah praktek di mana seseorang meminjam saham, kemudian menjualnya, lalu menunggu sampai harganya turun untuk dibeli kembali dengan harga yang lebih murah dan mengembalikannya.