Alasan Kenapa Suara Terdengar Berbeda Ketika Direkam

0
589

Apakah kamu pernah mendengarkan rekaman suara sendiri dan merasa geli, hingga berpikirĀ “Kok suaranya kaya gitu sih?”. Ternyata hal ini dialami banyak orang dan ada penjelasan ilmiah di balik tersebut.

Asisten Profesor Otolaryngology, UW Medicine, University of Washington Neel Bhatt menjelaskan, dia sering menyaksikan hampir semua pasiennya tidak nyaman mendengar rekaman suara mereka sendiri.

Bhatt mengatakan, ketidaknyamanan yang dialami saat mendengar suara sendiri dalam rekaman audio mungkin disebabkan oleh perpaduan terkait fisiologi dan psikologi.

Alasan lainnya mengatakan pendengaran kita menganggap suara yang benar-benar baru memperlihatkan perbedaan antara persepsi diri dan kenyataan. Karena suara setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing, ketidakcocokan antara persepsi diri dan kenyataan ini bisa mengganggu.

“Menurut saya alasan mengapa banyak dari kita benci mendengar suara sendiri bukanlah karena suara yang direkam lebih buruk daripada suara yang kita rasakan. Sebaliknya, kita lebih terbiasa mendengar diri kita sendiri terdengar dengan cara tertentu,” ucap Bhatt.

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005 yang meminta pasien dengan masalah suara menilai suara mereka sendiri saat diperdengarkan lewat rekaman audio. Mereka juga meminta dokter menilai suara tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa pasien, secara keseluruhan, cenderung menilai suara mereka yang didengar dari rekaman lebih negatif dibandingkan dengan penilaian objektif dari dokter.

“Jadi, kalau kalian menghina suara sendiri yang didengar dari rekaman audio, mungkin dari dalam diri kalian bereaksi berlebihan, dan kalian terlalu keras menilai diri sendiri,” pungkas Bhatt.