Ini Fitur Baru WhatsApp yang Disebut Bantu Perselingkuhan

0
544

Beberapa waktu lalu WhatsApp baru saja meluncurkan satu fitur baru. Sejumlah orang menyebut fitur ini bisa membantu aktivitas perselingkuhan.

Nama fitur tersebut adalah Disappearing Messages. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghapus seluruh pesan yang ada secara otomatis sesuai dengan durasi yang dipilih.

WhatsApp telah menambah dua pilihan waktu baru untuk fitur ini. Jika sebelumnya hanya ada 7 hari, kali ini bertambah menjadi 24 jam dan 90 hari.

Fitur ini bisa digunakan baik untuk chat individu maupun grup. WhatsApp juga baru saja menambah pilihan terbaru untuk Disappearing Messages pada chat grup, namun fitur bersifat opsional dan tidak mengubah apa yang sudah ada sebelumnya.

“Pengguna WhatsApp akan punya opsi mengaktifkan disappearing messages secara default untuk semua chat. Saat mengaktifkannya, seluruh chat Anda atau orang lain akan diatur untuk menghilang selama durasi yang dipilih,” tulis WhatsApp dikutip Kamis (13/1/2022).

“Dan kami telah menambahkan opsi baru saat membuat chat group yang memungkinkan Anda mengaktifkannya untuk grup yang dibuat. Fitur ini dibuat opsional dan tidak mengubah atau menghapus chat yang sudah ada”.

Saat Disappearing Messages diaktifkan, maka akan ada pemberitahuan di ruang chat. Dengan begitu pengguna lain dapat mengetahui fitur sedang digunakan.

Cara menggunakan Disappearing Messages dengan membuka Pengaturan dan klik Akun. Selanjutnya masuk ke menu Privasi dan klik Timer pesan default, terakhir pilih durasi yang diinginkan.

Sebagai pengingat, jika kamu tidak menemukan pilihan tersebut maka segera perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Menurut WhatsApp, Disappearing Messages memberikan arti layanan pesan pribadi saat ini. termasuk juga membuat perusahaan tersebut menjadi lebih dekat dengan aktivitas percakapan pribadi.

“Kami percaya disappearing messages dengan end-to-end encryption adalah dua fitur yang mendefinisikan arti menjadi layanan pesan pribadi hari ini, dan membawa kami lebih dekat ke perasaan percakapan antar pribadi,” kata WhatsApp.

Atas peluncuran fitur baru ini, laman Facebook Mark Zuckerberg diserbu oleh netizen. Ada yang memberikan dukungan, ada pula yang menyebut fitur ini membantu perselingukahan.

“Oye, Anda membantu pasangan saya berbuat curang. Kurasa saya perlu memeriksa ponselnya dalam 90 hari sekarang,” komentar salah satu netizen.

“Wow. [fitur] ini akan mendukung suami yang tidak setia dan selingkuhannya,” tulis netizen lainnya.

“Sekarang Anda bertanggung jawab untuk semua tindakan kecurangan,” tulis Netizen lainnya.