NASA mengonfirmasi pada Senin (21/3) telah mencatat lebih dari 5.000 planet alien di luar tata surya. Rekor penemuan eksoplanet itu tercapai setelah NASA menambah 65 planet baru ke dalam arsip mereka.

Saat ini, berdasarkan arsip NASA, ada 5.005 eksoplanet yang terkonfirmasi. Arsip ini merekam penemuan planet yang muncul dalam jurnal ilmiah peer-reviewed dan telah dikonfirmasi menggunakan beberapa metode deteksi atau teknik analisis.

Eksoplanet yang sudah ditemukan termasuk berukuran kecil, berbatuan seperti Bumi, gas raksasa yang beberapa lebih besar dari Jupiter. Ada pula yang mirip Bumi namun ukurannya berkali lipat, Neptunus mini, planet yang mengorbit dua bintang, serta planet yang mengorbit pada bintang mati.

Jumlah ribuan planet yang ditemukan ilmuwan ini hanya seujung kuku dibanding yang terdapat di ratusan ribu galaksi di alam semesta. Masih ada banyak lainnya yang menunggu ditemukan.

“Ini bukan hanya angka. Masing-masing dari mereka adalah dunia baru, planet baru. Saya merasa senang tentang setiap orang karena kita tidak tahu apa-apa tentang mereka,” kata Jessie Christiansen, kepala ilmuwan untuk arsip dan ilmuwan penelitian di NASA Exoplanet Science Institute di Caltech di Pasadena.

Galaksi Bima Sakti diperkirakan punya ratusan miliar planet seperti yang sudah ditemukan. Penemuan planet sudah dimulai sejak 1992, dari planet aneh yang diketahui mengorbit bintang yang bahkan lebih aneh.

Bintang itu diketahui jenis neutron yang berputar sangat cepat, dan menyemburkan denyutan radiasi. Para ahli mengukur sedikit perbedaan radiasi berdasarkan denyutan untuk mengetahui keberadaan planet.

Saat ini upaya mencari eksoplanet terus dilakukan dan diperkirakan bakal bertambah lebih cepat karena memanfaatkan teleskop luar angkasa James Webb yang baru diluncurkan.