4 Manfaat Vitamin C Buat Anak, Kuat dan Sehat Saat Puasa

0
403

Buat anak, makronutrien sama pentingnya dengan mikronutrien. Sayangnya, mikronutrien yakni vitamin dan mineral kerap diabaikan pemenuhannya oleh orang tua. Berikut manfaat vitamin C agar anak kuat dan tidak gampang sakit saat puasa.

Kanya Ayu Paramastri, dokter spesialis anak, berkata dari riset ditemukan kesadaran nutrisi kurang terutama selama pandemi di negara-negara Asia dan Amerika Latin.

“Angka kekurangan vitamin C dan trace elements seperti zinc, selenium, zat besi, vitamin A dan E, meningkat, bahkan mencapai kadar alarming,” kata Kanya dalam peluncuran Redoxon Kids, Senin (4/4).

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting buat anak. Orang tua perlu mencukupi kebutuhan vitamin C anak mulai dari bahan pangan asli, pangan fortifikasi sampai suplementasi. Kenapa? Ini agar anak-anak mampu memperoleh sejumlah manfaat vitamin C.

Berikut empat manfaat vitamin C buat anak, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa.

1. Fungsi kekebalan tubuh

Riana Nirmala Wijaya, Country Medical Lead dan ASEAN Nutritional Medical Bayer, menjelaskan kekurangan vitamin C melemahkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan stimulan untuk fungsi leukosit atau sel darah putih seperti neutrofil dan monosit.

Kanya menambahkan, orang tua perlu memperhatikan kebutuhan vitamin C sebagai salah satu jenis mikronutrien yang penting buat anak.

“Orang tua juga perlu fokus pada mikronutrien, salah satunya vitamin C untuk memastikan daya tahan tubuh baik, anak baik pula puasanya,” imbuhnya.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin C akan mendukung pembentukan kolagen sehingga mempercepat penyembuhan luka. Di samping itu, vitamin C juga mempercepat penyembuhan atau pemulihan kondisi tubuh yang sakit.

“Saat sakit, kadar vitamin C dalam darah turun dan leukosit turun sehingga perlawanan penyakit enggak optimal, sembuhnya lebih lama,” jelas Kanya.

Pemberian vitamin C selama sakit akan mempercepat pemulihan apalagi tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C secara mandiri.

3. Dukung pertumbuhan anak

Asupan vitamin C yang cukup mampu mendukung pertumbuhan anak. Vitamin C akan membantu pertumbuhan kolagen yang penting untuk matriks tulang dan sintesis jaringan ikat.

Kemudian, saat anak yang sakit cepat pulih karena diberi asupan vitamin C, otomatis anak bisa cepat kembali aktif, eksplorasi, mendapat banyak stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

4. Penyerapan besi non heme

Vitamin C penting untuk penyerapan zat besi khususnya besi non heme. Besi non heme merupakan zat besi yang berasal dari makanan yakni sayuran hijau, kacang-kacangan, kentang, beberapa jenis buah-buahan dan serealia.

“Vitamin C telah terbukti menstimulasi penyerapan besi dari makanan menjadi bentuk besi yang lebih mudah diserap dan lebih mudah larut,” jelas Riana.