Facebook Mengganti Nama Feednya, Seperti Apa Ya ?

0
387

News Feed Facebook berubah nama. Meta mengatakan laman utama layanan media sosial itu diubah menjadi Feed.

Nama itu menggantikan News Feed yang sudah ada sejak fitur pertama kali diperkenalkan lebih dari 15 tahun lalu.

“Mulai hari ini, News Feed kami sekarang akan dikenal sebagai Feed. Happy scrolling!” tulis akun twitter Facebook App.

Menurut Juru Bicara Facebook, Dami Oyefeso, pergantian itu akan mencerminkan beragam konten yang dilihat orang di Feed mereka. Perubahan nama juga ‘tidak mempengaruhi pengalaman aplikasi secara lebh luas’, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (17/2/2022).

The Verge menuliskan ada banyak nama dan re-branding yang nampaknya mencerminkan hubungan berantakan Facebook dengan distribusi berita. Dalam sebuah penelitian menunjukkan informasi yang salah mendapatkan lebih banyak keterlibatan secara signifikan di platform daripada laporan berbasis fakta.

Pada bagiannya, Meta mengatakan sedang mengupayakan mengurangi jumlah konten politik yang muncul pada beranda pengguna. Pada penelitiannya sendiri, algoritma News Feed mendorong bahkan politisi mengambil posisi lebih esktrem.

Dengan nama News Feed, pengguna mengharapkan informasi soal politik dan peristiwa terkini dibandingkan postingan dari orang yang dikenal.

Perubahan nama bisa membantu menyelesaikan kebingungan platform media sosial itu sendiri. Saat News Feed diperkenalkan, Facebook tak punya tab News atau berita.

Dalam memo pada karyawannya, Meta mengatakan nama News Feed membuat pengguna berpikir itu adalah bagian untuk berita. Bukan tempat postingan dari teman.