Fitur terbaru dari hp android 13 menjadikan isyarat berakhirnya “sim card”

0
495

Android 13 yang kabarnya akan dirilis tahun ini, disebut bakal dilengkapi fitur baru yang kemungkinan mengakhiri penggunaan fisik SIM Card. Google kabarnya sedang mengerjakan fitur yang berpotensi mengubah cara orang menggunakan SIM Card.

Melalui fitur yang disebut Multiple Enabled Profiles (MEP), raksasa pencarian ini ingin menggabungkan dua profil operator ke dalam satu eSIM saja, demikian dikutip CNBC Indonesia dari GSM Arena, Jumat (8/4/2022).

eSIM sendiri adalah SIM digital yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan SIM Card fisik.

Google dilaporkan mendasarkan fitur baru pada paten yang diajukan pada 2020, yang menjelaskan pemisahan antarmuka SIM yang ada menjadi dua koneksi digital. Fitur tersebut juga telah ditemukan pada laporan di masa lalu bahwa Google sedang mengujinya di Pixel rekayasa.

Nantinya, MEP ini dapat memungkinkan produsen untuk menghilangkan slot SIM Card secara keseluruhan, sehingga menyisakan ruang untuk beberapa hardware tambahan.

Slot yang biasanya digunakan untuk menampung SIM Card, bisa digunakan untuk tempat kartu microSD atau menambah kapasitas baterai yang lebih besar.

Selain Android 13, dukungan untuk MEP dapat tersedia untuk perangkat lain, termasuk yang menjalankan iOS, macOS, dan Windows, sebagaimana disebutkan dalam aplikasi paten.