8 Alasan Tak Boleh Tidur saat Rambut Masih Basah, Bikin Ketombean

0
465

Tidur dengan rambut basah setelah keramas di malam hari mungkin menjadi salah satu pilihan menyenangkan. Godaan untuk langsung berbaring di tempat tidur setelah mandi rasanya begitu besar.

Meski tampak nyaman dan tak melanggar hukum, namun ada dampak buruk yang muncul dari kebiasaan tidur dalam keadaan rambut basah.

Sebagaimana dilansir dari Livestrong, rambut basah bisa menjadi tempat berkembang biak bagi semua jenis organisme menyeramkan, termasuk bakteri dan jamur. Selain itu, rambut basah juga bisa menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme kecil yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala.

Berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi jika Anda tidur dalam keadaan rambut basah setelah keramas.

1. Bakteri tumbuh dengan mudah

Saat Anda tidur dengan rambut basah, panas dari kepala dan air menciptakan kelembapan. Mikroorganisme juga bisa tumbuh dengan baik di wilayah ini.

2. Infeksi jamur

Tidur dengan rambut basah juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur di kulit kepala. Salah satu jenis jamur yang dapat tumbuh adalah Malassezia, yang dapat menyebabkan ketombe atau dermatitis.

3. Rambut rusak

Rambut basah lebih rapuh dan lebih rentan mengalami ujung bercabang. Pergerakan saat Anda tidur juga dapat menciptakan gesekan, membuat rambut basah lebih rentan rusak.

4. Ketombe

closeup woman hair with dandruff falling on shoulders

Sebuah studi 2019 lalu menyebutkan bahwa suhu musim dingin memperburuk ketombe karena kondisi dingin dan basah. Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi yang sama menunjukkan bahwa keseimbangan bakteri dan jamur juga dapat berperan dalam kondisi tersebut.

Rambut basah dapat menyebabkan hilangnya panas, yang berarti dapat memperburuk ketombe.

5. Rambut rontok

Jika Anda terlalu sering tidur dalam keadaan rambut basah, maka kulit kepala bisa mengendur karena gesekan antara ujung satu helai dengan yang lain. Menukil dari Terry Cralle, hal ini bisa menjadi penyebab kerontokan rambut karena patah.

6. Tidur tidak nyaman

Rambut basah membuat tubuh kesulitan mengatur suhunya saat tidur. Hal ini akan membuat tidur jadi lebih susah, atau Anda bisa saja terbangun di malam hari.

Jika Anda terbiasa tidur dengan rambut basah dan memiliki masalah tidur, maka rambut Anda mungkin menjadi penyebabnya.

7. Rambut berantakan di pagi hari

Saat tidur, Anda akan banyak bergerak tanpa sadar dan rambut basah jadi jauh lebih mudah dibentuk daripada rambut kering. Akibatnya, Anda akan menemukan gaya rambut yang menyaingi Einstein.

Tapi kemudian, karena rambut akan mengering di pagi hari, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menata kembali rambut.

8. Kulit kepala semakin berminyak

Kulit akan berkeringat ketika kepala tertutup kelembapan dan tidak mengering karena lapisan air di atasnya. Hal ini menyebabkan helaian rambut lebih berminyak dan lebih sulit diatasi oleh sampo selama waktu mencuci.

Sumber : CNN [dot] COM