Di antara daging-daging hewan, ayam tidak diragukan lagi adalah favorit khalayak sedunia.

Daging ayam adalah daging yang paling banyak dikonsumsi secara global. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) memperkirakan bahwa pada tahun 2021, 133 juta ton “daging putih” dikonsumsi di seluruh dunia.

Di Amerika Latin, wilayah ketiga di dunia tempat makanan ini paling banyak dikonsumsi, rata-rata 32,7 kilogram ayam dimakan per orang pada 2019. Di Brasil, angkanya adalah 40,6 kilogram dan di Argentina 40,4 kilogram.

Daging ayam populer di kalangan konsumen karena umumnya terjangkau, rendah lemak, dan tidak dilarang oleh kebanyakan budaya atau agama.

Selain itu, daging ayam kaya akan protein serta sumber vitamin dan mineral yang penting. Ia juga mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat) dalam kadar signifikan, yang bermanfaat dan dapat membantu kesehatan kardiovaskular.

Namun, makanan populer ini juga tampaknya dikelilingi oleh pemahaman dan keyakinan yang keliru.

Misalnya, kulit ayam diketahui mengandung lemak tingkat tinggi. Jadi, apakah baik makan ayam dengan kulit atau haruskah kita melepasnya sebelum memasak atau memakannya?

“Kulit ayam mengandung 32% lemak, yaitu, setiap 100 gram kulit yang kita konsumsi, 32 gram adalah kontribusi lemak,” kata María Dolores Fernández Pazos, ahli gizi di Center for Nutritional Information of Chicken Meat (CINCAP) di Argentina, kepada BBC Mundo.

Dari lemak yang terkandung dalam kulit ayam ini, jelas ahli gizi, dua pertiganya adalah lemak tak jenuh, yang disebut “lemak baik”, yang membantu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Dan sepertiganya adalah lemak jenuh, salah satu yang disebut “lemak berbahaya,” yang berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol “jahat”.

Ini adalah tingkat lemak yang sama dengan yang terkandung dalam daging ayam.  Karena itu, kata ahli, “jika kita mengkonsumsi ayam dengan kulit, kita akan meningkatkan asupan kalori setiap porsi sekitar 50%.  “

Jadi, misalnya, jika kita makan dada ayam 196 gram tanpa kulit, kita akan mengonsumsi 284 kalori (menurut data nutrisi dari Departemen Pertanian AS), dengan 80% kalori dari protein dan 20% dari lemak.

Tetapi angka-angka itu meningkat secara drastis jika kita makan bersama kulitnya: dada ayam akan menyumbang 386 kalori, dengan 50% berasal dari protein dan 50% dari lemak.

Oleh karena itu, kata ahli gizi Dolores Fernández, “rekomendasi paling sehat dan paling umum di masyarakat populasi ialah mengupas (kulit) sebelum makan, agar tidak menjadi kalori atau lemak ekstra di piring.”

“Dalam kasus orang tanpa riwayat penyakit, dengan berat badan yang cukup untuk tinggi badan mereka, aktif secara fisik, serta memiliki komposisi tubuh yang memadai, kita dapat menyarankan untuk membiarkan kulit ayam selama memasak dan mengupasnya sebelum konsumsi, karena keberadaan kulit selama memasak akan membantu membuat ayam jadi lebih berair dan lebih enak,” kata sang pakar.

Apakah boleh membekukan kembali ayam yang sudah dicairkan?

Tidak disarankan untuk membekukan kembali daging ayam yang telah dicairkan,” kata ahli gizi dari CINCAP itu.

“Tujuan pembekuan makanan adalah menghentikan reproduksi mikroorganisme dalam makanan. Jadi, dengan mencairkan makanan, mikroorganisme itu bisa mulai bereproduksi lagi.”

Dan ini adalah saran yang berlaku untuk semua daging yang telah dicairkan. Satu-satunya cara pasti untuk membekukannya kembali adalah ketika sudah matang.

“Dengan cara ini, dengan cara memasak yang aman, kita akan menghilangkan keberadaan mikroorganisme dan kita dapat membekukan kembali daging, memastikan sifat organoleptik dan keamanan makanan itu,” kata Dolores Fernández.

Apa cara terbaik untuk mencairkan ayam?

Cara terbaik untuk mencairkan ayam, kata para ahli, adalah di dalam lemari es.

“Pencairan pada suhu kamar dapat meningkatkan perkembangan mikroorganisme yang kami sebut tadi dan merusak makanan itu.”

Karena pencairan di dalam lemari es akan lebih lambat, mencairkan satu ayam utuh bisa memakan waktu sekitar 24 jam. Kita harus merencanakan terlebih dahulu waktu terbaik untuk mengeluarkan ayam dari freezer.

Para ahli menekankan bahwa daging ayam tidak boleh dicairkan pada suhu kamar atau dalam air panas.

Mengapa beberapa toko menjual daging ayam kuning dan daging ayam merah muda?

Warna daging ayam dapat bervariasi tergantung pada pigmen yang terkandung dalam biji-bijian yang digunakan dalam makanannya, jelas ahli CINCAP.

Biji-bijian seperti jagung mengandung konsentrasi pigmen yang lebih tinggi daripada sorgum putih atau gandum, yang mengandung lebih sedikit.

Dan di beberapa negara, berdasarkan preferensi konsumen, pigmen alami biasanya ditambahkan dalam pakan unggas untuk memberi daging warna kekuningan.

Tetapi dari sudut pandang gizi, kata Dolores Fernández, “tidak ada perbedaan antara sifat dan kontribusi nutrisi ayam kuning dan ayam merah muda keputihan.”

Bagaimana cara menghindari keracunan oleh daging ayam?

Ayam, seperti yang kita lihat, adalah salah satu makanan paling bergizi, populer dan dikonsumsi di seluruh dunia, tetapi juga sering menjadi sumber utama keracunan makanan.

Daging mentah dapat terkontaminasi dengan bakteri Campylobacter dan juga, kadang-kadang, dengan Salmonella dan Clostridium perfringens.

Itu sebabnya kalau Anda makan ayam yang belum dimasak dengan benar atau kalau  Anda mencemari makanan atau minuman lain dengan ayam mentah atau airnya, Anda bisa keracunan makanan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memperkirakan bahwa setiap tahun di negara itu sekitar satu juta orang sakit karena memakan daging ayam yang terkontaminasi.

Berikut ini adalah kiat-kiat dasar dari para ahli di Pusat Informasi Nutrisi Daging Ayam:

  • Selalu cuci tangan Anda sebelum menyiapkan semua jenis makanan dan beberapa kali selama persiapannya, terutama jika makanan mentah dan matang ditangani pada saat yang bersamaan.
  • Untuk menghindari kontaminasi silang: saat menangani ayam dan makanan mentah lainnya, gunakan peralatan dan peralatan yang berbeda, dan hindari kontak dengan makanan yang dimasak dan/atau siap saji.
  • JANGAN mencuci daging ayam, karena ini dapat menyebabkan tempat memasak terkontaminasi bersama dengan percikan partikel air.
  • Masak ayam sampai bersih: ayam tidak boleh memiliki bagian berwarna merah muda di bagian dalam atau di dekat tulang dan persendian.
  • Jika ada daging ayam sisa dari satu kali makan dan Anda ingin mengkonsumsinya pada waktu makan berikutnya, Anda harus memanaskannya kembali sepenuhnya.