Hati – Hati Mantan Cemburuan, Cek Tanda Ada Aplikasi Penguntit di HP

0
254

Anda perlu berhati-hati dengan aplikasi penguntit yang bisa mematai gerak-gerik Anda. Ada banyak pertanda mengetahui jika aplikasi itu tertanam di ponsel Anda.

Aplikasi penguntit yang disebut dengan stalkerware atau spouseware, adalah perangkat berbentuk aplikasi, program, atau software, yang membuat seseorang bisa memata-matai kehidupan pribadi orang lain lewat perangkat mobile, termasuk HP.

Pengguna aplikasi ini bisa memonitor perangkat sasaran, termasuk pencarian web, lokasi, SMS, foto, dan panggilan telepon. Program seperti ini mudah ditemukan dan ditanam, selama pengguna punya akses secara fisik ke HP sasarannya. Program penguntit tersembunyi, tanpa harus meminta izin pemilik HP.

Situs keamanan siber, VPNOverview memberikan 10 tanda tersebut. Namun Newsweek juga mencatat tanda-tanda tersebut juga bisa jadi indikasi lain dan tidak selalu terkait aplikasi mata-mata digital.

Berikut 10 tanda tersebut, dikutip dari Newsweek, Senin (19/12/2022):

1. Reboot acak
2. Performa lambat
3. Pesan teks aneh
4. Suhu HP terlalu panas
5. Penggunaan data yang terlalu tinggi
6. Aplikasi asing dalam daftar aplikasi
7. Baterai cepat habis
8. Butuh waktu lama untuk shut down
9. Suara aneh saat menelepon
10. Tanda aktivitas dalam mode siaga

VPNOverview menyebutkan mudah untuk menghapus jika ditemukan aplikasi penguntit di ponsel. Cukup dengan menghapus atau uninstall aplikasi seperti yang dilakukan pada aplikasi lain yang sudah tidak digunakan lagi.

Sementara itu, jika mencurigai ada spyware dalam HP namun tidak menemukan aplikasi yang dimaksud, VPNOverview merekomendasikan menggunakan perangkat lunak antivirus. Ini dilakukan untuk memindai spyware pada ponsel jadi bisa segera menghapusnya.

Ahli dari VPNOverview mengingatkan tidak mempercayai ponsel Anda pada siapapun. Anda bisa melindungi HP dengan menggunakan password, pengenalan wajah atau sidik jari untuk membukanya.

VPNOverview mencatat penggunaan aplikasi penguntit atau pengawasan itu telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Peningkatan sebanyak 60% itu, disebutkan banyak yang menggunakan adalah mereka yang tengah mengalami perceraian.

Sejumlah orang tua juga menggunakan aplikasi itu untuk mengawasi anak-anaknya. Namun aplikasi penguntit juga bisa jadi pelanggaran privasi.

“Serangan spyware menjadi semakin umum karena teknologi menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat umum” ungkap pendiri VPNOverview, David Janssen.