Laporan terbaru Counterpoint Research mengungkap ‘harga asli’ iPhone 14 Pro Max varian termurah ternyata mulai dari USD 454 sampai USD 474, atau di kisaran Rp 7 juta. Apple menjual ponsel ini mulai dari USD 1.099 atau kisaran Rp 16,7 juta.

Dalam analisis bill of materials (BoM) dari Counterpoint Research, iPhone 14 Pro Max 128GB versi mmWave biaya produksinya adalah USD474, sementara varian sub-6GHz biayanya USD 454.

Jika dibandingkan dengan BoM iPhone 13 Pro Max, biayanya ini naik 3,7%. Namun Apple ternyata menyamakan harga iPhone 13 Pro Max dengan iPhone 14 Pro Max. Counterpoint juga menyebut kalau layar, prosesor, dan sistem kamera adalah komponen dengan harga termahal dari keseluruhan HP.

Layar iPhone 14 Pro Max punya peningkatan di sisi tingkat kecerahan maksimal dalam mode HDR serta punya mode outdoor. Lalu layar ini pun mendukung always on display, yang juga berdampak pada total biaya produksi.

Sementara itu A16 Bionic yang diproduksi menggunakan proses 4nm berdampak pada peningkatan biaya sebesar USD 11 per unit dibanding A15 Bionic, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (15/2/2023).

Sementara itu sistem kamera barunya, dengan kamera utama 48MP buatan Sony, juga punya peningkatan besar. Yaitu ukuran sensornya 65% lebih besar dan juga dilengkapi sistem stabilisasi sensor shift. Sistem kamera ini peningkatan harganya sekitar USD 6,30 dibanding pendahulunya itu.

Namun tak semua komponen harganya naik dibanding iPhone 13 Pro Max. Misalnya komponen-komponen jaringan seluler kini harganya lebih murah karena teknologi 5G sudah lebih tersebar luas.

Secara total, Counterpoint memperkirakan kalau BoM iPhone 14 Pro Max ini sekitar 42% dari harga jual HP tersebut. Terlihat besar memang selisihnya, namun harus diingat ada juga hal lain yang berdampak pada harga jual, misalnya biaya riset dan penelitian, pengapalan produk, dan juga biaya pemasaran.