Pembuat robot yang ingin menjelajahi lautan menjadikan ubur-ubur sebagai sumber inspirasi rancangannya.

Cara ubur-ubur meluncur di dalam air telah menginspirasi pembuatan robot ubur-ubur rancangan tim dari Max Planck Institute, menurut jurnal Science Advances.

Robot ubur-ubur tersebut dapat membantu para peneliti dalam mempelajari lebih jauh area dasar laut yang belum pernah dijelajahi.

Para perancang robot tersebut mengagumi ubur-ubur karena merekalah hewan perenang yang paling hemat energi. Ubur-ubur dapat ditemukan di seluruh laut di dunia, mulai dari di perairan tropis hingga kutub, di permukaan hingga di kedalaman laut.

Melalui Zoom, John Dabiri dari California Institute of Technology mengatakan, “Bagi para insinyur, jika Anda melihat sebuah contoh seperti itu di dalam air, saya kira, langkah alami berikutnya adalah memikirkan apakah kita dapat menciptakan sesuatu yang seefisien aslinya?.”

John Dabiri, profesor teknik di Caltech, tidak ikut menggarap rancangan robot terbaru itu. Melalui Zoom, ia mengatakan kemampuan robot itu melampaui model robot lainnya.

“Tidak saja mereka berhasil menciptakan robot yang dapat berenang, tapi mereka juga mengatakan, bagaimana kalau kita menggunakan jari-jari robot itu dan akhirnya robot ubur-ubur itu mampu memungut objek,” komentarnya.

Robot ubur-ubur itu mampu memungut objek sendirian atau jika tidak mampu mengangkatnya sendiri, robot ubur-ubur itu akan mengangkatnya bersama robot lain. Robot itu juga dapat menarik objek dengan sangat baik, menurut Hyeong-Joon Joo dari Max Planck Instute yang ikut mendesain robot tersebut.

“Robot ubur-ubur itu bahkan dapat menangani objek yang sangat lunak tanpa harus menyentuhnya. Misalnya, pakar biologi yang selalu mendapat kesulitan untuk mengumpulkan telur-telur ikan,” imbuhnya.

Joo menambahkan, robot itu dapat membantu para ahli biologi meneliti lingkungan yang sensitif, seperti terumbu karang. Robot itu juga bergerak dengan tenang, menggunakan material yang dapat berubah bentuk dengan mengunakan listrik.

Hal itu membuat robot berenang dengan cepat, sangat efisien dan sama sekali tidak menimbulkan suara, sunyi.

Joo mengatakan, masih banyak yang harus dilakukan sebelum memproduksi lebih banyak lagi robot ubur-ubur yang dapat melakukan tugasnya.