NASA menjalankan persaingan untuk membantu membuat kode Fortran tua lebih cepat

0
196

NASA mencari bantuan dari coders untuk mempercepat perangkat lunak yang digunakannya untuk merancang pesawat eksperimental.
Ini adalah sebuah kompetisi yang akan menghasilkan $ 55.000 (£ 42.000) antara dua orang teratas yang dapat membuat perangkat lunak FUN3D-nya berjalan hingga 10.000 kali lebih cepat.
Kode FUN3D digunakan untuk memodelkan bagaimana udara mengalir di sekitar pesawat simulasi di superkomputer.
Perangkat lunak ini dikembangkan pada tahun 1980an dan ditulis dalam bahasa pemrograman komputer lama yang disebut Fortran.
“Ini adalah tugas impian ‘geek’ yang paling akhir,” kata Doug Rohn, kepala program konsep aeronautika Nasa yang membuat penggunaan kode FUN3D sangat berat.
Dalam sebuah pernyataan, Mr Rohn mengatakan perangkat lunak tersebut digunakan pada superkomputer Pleiades agensi untuk menguji desain awal pesawat futuristik.
Paket perangkat lunak menguji mereka menggunakan dinamika fluida komputasi, yang membuat penggunaan formula matematika dan struktur data rumit untuk melihat seberapa baik desainnya bekerja.
Kemacetan
Begitu desain terbukti di superkomputer, model skala diuji di terowongan angin dan akhirnya kerajinan eksperimental menjalani pengujian dunia nyata.
Perbaikan yang signifikan dapat diperoleh hanya dengan menyederhanakan sub rutin yang banyak digunakan sehingga berjalan beberapa milidetik lebih cepat, kata Nasa pada halaman web yang menjelaskan kompetisi tersebut. Jika rutinitas disebut jutaan kali selama simulasi, ini bisa “secara signifikan” memangkas waktu pengujian, tambahnya.
NASA mengatakan akan memberikan salinan kode kepada siapa pun yang mengambil bagian sehingga mereka dapat menganalisisnya, menemukan kemacetan dan menyarankan modifikasi yang dapat mempercepatnya. Nasa sedang mencari kode untuk menjalankan setidaknya 10 kali lebih cepat tapi ingin itu dipercepat oleh ribuan kali, jika memungkinkan.
Setiap perubahan pada FUN3D tidak boleh membuatnya kurang akurat, kata NASA.
Sifat sensitif kode tersebut berarti kompetisi hanya terbuka untuk warga negara AS yang berusia di atas 18 tahun.