Kaspersky: Anda bisa mempercayai kami meski ada larangan pemerintah AS

0
1145

Eugene Kaspersky telah membantah bahwa firma keamanan maya yang didirikannya dekat dengan pemerintah Rusia dan menegaskan bahwa hal itu tidak menimbulkan bahaya bagi pelanggan Amerika. Kaspersky mengatakan kepada BBC bahwa langkah administrasi Trump untuk melarang agen pemerintah menggunakan produknya adalah “situasi tidak nyaman”. AS mengatakan khawatir Kaspersky rentan terkena pengaruh Kremlin.

Namun pendiri perusahaan tersebut mengatakan bahwa saat tinggal di Moskow dan perusahaannya bekerja sama dengan penegak hukum Rusia mengenai keamanan maya, tidak ada ikatan yang lebih dalam. “Ketika mereka mengatakan bahwa kita memiliki ikatan yang kuat dengan spionase Rusia, itu tidak benar,” katanya kepada saya melalui sebuah video call dari Argentina.

“Kami bekerja sama dengan banyak lembaga penegak hukum di seluruh dunia – di masa lalu bersama AS juga. ‘persaingan tidak sehat’. Rantai toko Amerika Best Buy telah berhenti menjual produk Kaspersky, namun Kaspersky mengatakan bahwa dia telah melakukan diskusi positif dengan peritel lainnya.

Kremlin telah mengkritik tindakan pemerintah AS, yang menggambarkan larangan tersebut sebagai kompetisi yang tidak adil. Eugene Kaspersky mengatakan bahwa dia ingin hubungan kedua negara meningkat dan meminta kerjasama internasional mengenai keamanan maya – dia bersikeras bahwa “hanya orang-orang jahat yang senang dengan situasi ini”.

Masalahnya bagi perusahaan adalah bahwa Rusia sekarang dipandang sebagai tempat berlindung bagi hacker dan penjahat dunia maya, dan pemerintahnya secara luas diterima untuk ikut campur dalam pemilihan presiden Amerika tahun lalu.
Itu berarti bahwa sebuah bisnis Rusia yang menawarkan perangkat lunak keamanan cyber mungkin berjuang untuk meyakinkan konsumen Amerika untuk membeli produk yang menurut pemerintah mereka sendiri tidak aman.

Tapi Kaspersky mengatakan bahwa orang Amerika dapat memiliki akses penuh terhadap aktivitas perusahaannya: “Kami akan membuka setiap pintu, memeriksa semuanya Kami tidak memiliki rahasia, kami tidak melakukan hal buruk terhadap pelanggan dan melawan pemerintah.”

Sementara dia menggambarkan pendapatan yang diperoleh perusahaannya dari pemerintah AS sebagai “mendekati nol”, pasar AS yang lebih luas menyumbang sekitar seperempat penjualan Kaspersky.
Dia mengajukan banding ini kepada pelanggan Amerika-nya: “Silakan tinggal bersama kami – Anda bisa mempercayai kami.”