Blokir satu tumbuh seribu

0
639
Web Streaming Ilegal
Web Streaming Ilegal

Seperti kata pepatah kuno yaitu mati satu tumbuh seribu. hal ini yang paling tepat untuk menggambarkan fenomena situs streaming ilegal di indonesia.

Pada awal januari 2020 situs streaming ilegal terpopuler di indonesia yaitu indoxxi telah diblokir. namun hal ini tidak membuat jera para pemilik situs streaming ilegal lainya.

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu mengatakan kendala utama dalam memberantas situs streaming film ilegal ini adalah para pemilik situs tersebut sering bergonta-ganti website, atau domain baru.

“Kendala atau tantangan yang dihadapi Kementerian Kominfo adalah bahwa para pelaku streaming film bajakan akan membuat website atau domain baru,” kata Ferdinandus beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Wired, Andy Chatterley, yakni CEO perusahaan perlindungan konten online MUSO menyatakan kenyamanan dan kemudahan adalah alasan utama bagi orang yang melakukan streaming lewat situs ilegal untuk dapat menyaksikan acara TV dan film favorit mereka.

Di sisi lain, situs streaming ilegal juga mulai membuat antarmuka pengguna mereka lebih ramah, sehingga pengguna betah untuk menyaksikan tontonan favorit mereka di situs tersebut.

Nah
, sayangnya kehadiran pelbagai macam situs ini juga tidak lepas dari cara Pemerintah, khususnya di Indonesia, dalam memberikan kemudahan hiburan kepada masyarakat.

Saat ini, Kominfo masih memblokir salah satu situs layanan streaming legal, yakni Netflix. Padahal jika ditelaah lebih lanjut, membuka blokir situs layanan streaming legal membuat banyak dampak positif.

Salah satunya adalah membuat masyarakat untuk lebih menghargai karya yang mereka tonton, serta melindungi Hak Kekayaan Intelektual para pembuat film dan serial. Dari sisi ekonomi, mereka juga akan menambahkan pundi-pundi keuntungan untuk para filmmaker agar mereka dapat membuat film atau serial lain yang tak kalah bagus.