Wikipedia Menetapkan Aturan Baru untuk memerangi Ancaman

0
620
Wikipedia Menetapkan Aturan Baru untuk memerangi Ancaman terutama perempuan dan anggota komunitas LGBTQ, telah mengeluhkan pelecehan dari para editor lain.
Wikipedia Menetapkan Aturan Baru untuk memerangi Ancaman terutama perempuan dan anggota komunitas LGBTQ, telah mengeluhkan pelecehan dari para editor lain.

Wikimedia Foundation, organisasi yang menjalankan situs pengetahuan. Mempunyai beberapa langkah-langkah untuk memerangi Ancaman.

Wikipedia ditulis dan diperbarui oleh sukarelawan. Banyak, terutama perempuan dan anggota komunitas LGBTQ, telah mengeluhkan pelecehan dari para editor lain. Dewan pengawas Wikipedia mengatakan menjaga kesopanan adalah nilai inti dari situs pengetahuan ini.

“Kita harus bekerja bersama untuk menciptakan budaya yang aman dan inklusif, di mana semua orang merasa disambut, bahwa kontribusi mereka dihargai, dan bahwa perspektif mereka penting,” kata Katherine Maher, CEO dari Wikipedia Foundation.

“Tujuan kami adalah semua pengetahuan dunia, dan ini merupakan langkah penting dalam perjalanan kami.”

Aturan baru apa yang akan dikembangkan ?

Kode etik yang mengikat yayasan untuk anggota akan mencakup pelarangan atau pembatasan akses jika sukarelawan melanggar ketentuan. Ini juga akan menciptakan proses tinjauan surut untuk pelecehan yang terjadi sebelum aturan ini ditetapkan.

Wikipedia telah menjadi salah satu sumber informasi paling tepercaya di internet, tetapi keluhan tentang ketidakseimbangan dan pelecehan gender telah menjangkiti platform ini selama hampir satu dekade.

Sebuah studi dari University of Washington tentang kesenjangan gender dalam editor Wikipedia menemukan banyak editor wanita dan LGBTQ yang ditakuti untuk keselamatan mereka. Beberapa editor wanita memberi tahu para peneliti bahwa pekerjaan mereka telah diperebutkan oleh editor pria atau bahwa mereka menerima umpan balik negatif dari editor pria.

Sebuah artikel New York Times dari 2019 juga menyoroti kekhawatiran beberapa editor transgender tentang kesukarelaan untuk situs tersebut. Seorang editor mengatakan kepada koran bahwa mereka menerima ancaman pembunuhan.