Twitter Meluncurkan Tweet Menghilang yang Hilang dalam Sehari

0
15

Twitter meluncurkan tweet yang menghilang dalam 24 jam yang disebut “Fleets” secara global, menggemakan situs media sosial seperti Snapchat, Facebook dan Instagram yang sudah memiliki posting menghilang.

Perusahaan mengatakan tweet singkat tersebut, yang disebut “armada” karena sifatnya yang cepat berlalu, dirancang untuk menghilangkan kekhawatiran pengguna baru yang mungkin dimatikan oleh publik dan sifat permanen tweet biasa.

Armada tidak dapat di-retweet dan tidak akan memiliki “suka”. Orang-orang dapat menanggapi mereka, tetapi balasan tersebut muncul sebagai pesan langsung ke tweeter asli, bukan sebagai tanggapan publik, mengubah bolak-balik menjadi percakapan pribadi alih-alih diskusi publik.

Twitter menguji fitur tersebut di Brasil, Italia, India, dan Korea Selatan, sebelum meluncurkannya secara global.

Armada adalah cara “tekanan rendah” untuk mengkomunikasikan “pemikiran sekilas” sebagai lawan dari tweet permanen, eksekutif Twitter Joshua Harris, direktur desain, dan Sam Haveson, manajer produk, mengatakan dalam sebuah posting blog.

Berita itu muncul pada hari yang sama CEO Twitter Jack Dorsey dan CEO Facebook Mark Zuckerberg menghadapi pertanyaan dari Komite Kehakiman Senat tentang bagaimana mereka menangani disinformasi seputar pemilihan presiden. Kedua situs tersebut telah meningkatkan tindakan terhadap disinformasi. Zuckerberg dan Dorsey berjanji kepada anggota parlemen bulan lalu bahwa mereka akan secara agresif menjaga platform mereka agar tidak dimanipulasi oleh pemerintah asing atau digunakan untuk menghasut kekerasan di sekitar hasil pemilu – dan mereka menindaklanjuti dengan langkah-langkah profil tinggi yang membuat marah Trump dan pendukungnya.

Fitur “Armada” yang baru mengingatkan pada “cerita” Instagram dan Facebook serta foto Snapchat, yang memungkinkan pengguna memposting foto dan pesan berumur pendek. Fitur semacam itu semakin populer di kalangan pengguna media sosial yang mencari grup yang lebih kecil dan obrolan yang lebih pribadi.