Sleepwalking, Berjalan saat Tidur yang Tak Terkait Mimpi

0
505

Tidur tak selalu membuat seseorang tenang berada di kasur hingga keesokan pagi. Sebagian orang bisa berjalan sampai berpindah lokasi tidur gara-gara gangguan tidur berjalan atau sleepwalking.

Ahli kesehatan tidur dari Snoring & Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran, Andreas Prasadja mengatakan, sleepwalking termasuk ke dalam golongan parasomnia. Nama terakhir merupakan kumpulan gejala yang tidak menyenangkan saat tidur. Gangguan bisa berupa gerakan, perilaku, emosi, persepsi, hingga mimpi yang tidak wajar.

“Itu masuk golongan parasomnia atau verbalisasi [pengalaman tidur] yang tidak wajar. [Selain sleepwalking] ada night terrorREM behaviour disorder, dan lainnya,” kata Andreas dalam webinar bersama Royal Philips, Selasa (16/3).

Sleepwalking, lanjut Andreas, dipicu oleh kurangnya kualitas tidur yang parah atau severe sleep deprivation.

Tak hanya itu, kondisi sleepwalking juga bisa diturunkan secara genetik. Seseorang bisa mengalami sleepwalking jika ada riwayat keluarga dengan sleepwalking.

Bukan Mimpi

Banyak orang menganggap bahwa berjalan saat tidur berhubungan dengan mimpi. Namun, faktanya sleepwalking tak ada kaitannya dengan mimpi.

Sleepwalking, jelas Andreas, terjadi saat seseorang berada dalam fase deep sleep. Sementara mimpi terjadi dalam fase REM atau rapid eye movement.

“Baik sleepwalkingsleeptalking [melindur], atau sleeptexting [mengirim pesan saat tidur] terjadi saat dua jam awal tidur,” uajr Andreas.

Andreas menyarankan agar keluarga selalu menjaga keamanan orang dengan kebiasaan sleepwalking.

“Jangan sampai [orang dengan sleepwalking] melukai diri sendiri atau orang lain. Kemudian, minimalisasi utang tidur, harus tidur secukup-cukupnya,” tegas Andreas.

Andreas mengingatkan, sleepwalking bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak dan remaja. Pada anak dan remaja, diperlukan pengawasan orang tua saat mereka tertidur.

Orang tua bisa memastikan kamar anak aman tanpa benda tajam, akses menuju balkon terkunci, dan dijauhkan dari benda-benda yang mudah terguling atau tidak stabil.

Sumber : CNN [dot] COM