WhatsApp Uji Transfer Obrolan Antar-Ponsel Beda Nomor Telepon

0
504

Jakarta – Aplikasi pesan WhatsApp sedang mengupayakan cara yang memungkinkan pengguna mentransfer riwayat obrolan mereka saat bermigrasi ke ponsel baru dengan nomor telepon berbeda. Fitur itu disebut Chat History Migration, perluasan dari kemampuan mentransfer riwayat obrolan WhatsApp dari satu platform ke platform lainnya—dari Android ke iOS dan sebaliknya.

Dikutip dari Gadget NDTV, 21 Mei 2021, Chat History Migration memungkinkan pengguna mentransfer media dari satu platform ke platform lainnya. Fitur ini juga akan membantu pengguna yang ingin mengalihkan akun WhatsApp mereka di antara ponsel Android dan iPhone.

Situs pelacak pembaruan WhatsApp, WABetaInfo, melaporkan bahwa WhatsApp sedang menguji Chat History Migration yang diperbarui lagi. Pembaruan memungkinkan pengguna mentransfer riwayat obrolan tidak hanya ke perangkat baru di platform berbeda, tapi juga ketika perangkat baru memiliki nomor telepon yang berbeda.

Namun dalam kasus khusus ini, perangkat baru harus didasarkan pada platform yang sama dengan perangkat lama pengguna. Artinya, pengguna dapat mentransfer riwayat obrolan jika beralih di antara dua model iPhone atau dua ponsel Android. WhatsApp tidak memiliki kemampuan mentransfer obrolan antara Android dan iPhone dengan nomor telepon berbeda.

Tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo menunjukkan bahwa WhatsApp mungkin memiliki tautan yang memberi pengguna cara mentransfer riwayat obrolan saat mengganti perangkat dan nomor telepon. Namun, penting untuk dicatat bahwa pengguna hanya akan mendapatkan opsi me-migrasi obrolan mereka saat masuk ke akun WhatsApp di ponsel baru untuk pertama kali.

Selain mentransfer obrolan, alat ini juga dapat digunakan untuk memigrasikan media yang tersedia di WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Menurut WABetaInfo, fitur tersebut saat ini sedang dikembangkan di WhatsApp untuk Android dan iPhone.