Jerman telah mengirimkan bantuan tank canggih Leopard 2 untuk Ukraina. Bersamaan dengan itu, Jerman juga memberikan Marder, yaitu kendaraan tempur infantri IVF (infantry fighting vehicle) sebagai pendamping Leopard 2 untuk melawan Rusia.

Sebanyak total 40 unit Marder akan dikirimkan oleh Jerman ke Ukraina. Ada pula IVF dari negara lain seperti M-2A2s dari Amerika Serikat dan CV90 dari Swedia. Akan tetapi Marders dipandang sebagai yang paling tangguh.

“Marder adalah contoh yang sangat baik dari kualitas Jerman. Saya sudah mencobanya sendiri,” kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dalam sebuah postingan di Twitter, dikutip detikINET dari Eurasiantimes.

Meskipun cukup tua, IFV bekas Jerman ini merupakan peningkatan besar dibandingkan IFV BMP-1 rancangan Soviet yang saat ini digunakan tentara Ukraina. IFV Marder mulai dipakai oleh Bundeswehr, angkatan bersenjata federal Jerman, pada Mei 1971.

Selama bertahun-tahun, unit itu telah ditingkatkan kemampuannya dan tetap menjadi salah satu platform utama unit infanteri Angkatan Darat Jerman, dengan mobilitas taktis, daya tembak tingkat tinggi dan kemampuan mengangkut pasukan di area operasi berisiko tinggi.

Secara khusus, versi 1A3 dari Marder yang dikirim ke Ukraina, adalah salah satu yang terbesar dan terberat dari semua IFV. Tingkat perlindungannya sama dengan Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 1.

Pesaingnya yang dulu dibuat Uni Soviet, BMP-1 IFV dan dipakai militer Ukraina, secara signifikan lebih ringan, lebih kecil, dan tidak memiliki tingkat perlindungan yang sama. Karena itu, IFV Marder Jerman ini menunjukkan peningkatan signifikan dibanding IFV BMP-1 Angkatan Darat Ukraina.

Model Marder 1A3 yang diperoleh Ukraina memiliki armor lebih baik dari model Marder yang lebih tua. Walau desain dan perlindungannya banyak dirahasiakan, 1A3 diketahui memiliki pelindung dua lapisan baja dengan celah kecil di antaranya. Celah itu membantu memperlambat penetrasi senjata.

IFV Marder dipersenjatai dengan peluru kendali anti-tank Milan, yang membawa hulu ledak berdaya ledak tinggi. Persenjataan utama kendaraan ini adalah meriam otomatis 20 milimeter Rheinmetall MK 20 Rh 202.