TikTok Mengancam Akan Menuntut Setelah AS Melarang Aplikasi

0
665

TikTok bereaksi terhadap perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang melarang perusahaan dan individu AS melakukan bisnis dengan perusahaan induknya, ByteDance, dengan mengancam akan mengambil tindakan hukum dan mendesak pengguna AS untuk melobi atas namanya.

Trump memerintahkan larangan sweeping pada Kamis malam yang melarang perusahaan AS melakukan bisnis dengan ByteDance dan Tencent, pemilik aplikasi messenger WeChat. Perintah eksekutif yang menargetkan perusahaan China mulai berlaku dalam 45 hari.

“Kami terkejut dengan Perintah Eksekutif baru-baru ini, yang dikeluarkan tanpa proses hukum,” kata ByteDance dalam pernyataan yang dirilis Jumat.

Perusahaan menyarankan bahwa perintah eksekutif itu ilegal dan mungkin akan digugat di pengadilan. “Kami akan mengejar semua upaya hukum yang tersedia bagi kami untuk memastikan bahwa aturan hukum tidak dibuang dan bahwa perusahaan kami serta pengguna kami diperlakukan secara adil – jika bukan oleh Administrasi, maka oleh pengadilan AS,” kata perusahaan itu.

Sementara itu, Tencent menanggapi dengan mengatakan sedang mengevaluasi situasi. “Perusahaan sedang mengkaji konsekuensi potensial dari perintah administratif untuk memahami sepenuhnya dampaknya,” kata Tencent dalam pernyataan singkat yang dikeluarkan melalui Bursa Efek Hong Kong.

Selain fitur perpesanan yang sangat populer, WeChat juga ditautkan ke keuangan dan layanan lainnya. Ia mengklaim bahwa aplikasi tersebut memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Pemerintahan Trump dan anggota parlemen AS telah menyatakan keprihatinan bahwa layanan media sosial China dapat memberikan informasi pribadi pengguna Amerika kepada pemerintah China. Kedua perusahaan mengatakan mereka tidak membagikan data mereka dengan pemerintah China.

Perintah eksekutif kembar itu pada Kamis menambahkan pertikaian baru pada meningkatnya konflik AS-China atas teknologi dan keamanan. Kementerian luar negeri China menuduh Washington melakukan “penindasan politik” dan mengatakan langkah itu akan merugikan perusahaan dan konsumen Amerika.

“Amerika Serikat menggunakan keamanan nasional sebagai alasan, sering menyalahgunakan kekuasaan nasional dan secara tidak wajar menekan perusahaan negara lain,” kata Wang Wenbin, juru bicara kementerian.

Wang, yang tidak menyebut nama TikTok atau Tencent, mengatakan China sangat menentang langkah tersebut tetapi tidak memberikan indikasi bagaimana Beijing mungkin akan membalas.

Pemerintahan Trump sebelumnya mengancam akan menutup TikTok jika tetap di bawah kepemilikan ByteDance yang berbasis di Beijing.

Menurut memo yang dikirim Senin oleh Chief Executive Officer Zhang Yiming, ByteDance sedang menjajaki semua kemungkinan untuk memastikan bahwa anak perusahaannya dapat terus beroperasi di Amerika Serikat. Tanpa menyebutkan nama Microsoft secara langsung, perusahaan tersebut mengatakan pada hari Jumat, “Kami bahkan menyatakan bahwa kami dapat menjual bisnis AS kami ke perusahaan AS.”

Pernyataan itu diakhiri dengan meminta 100 juta penggunanya di AS untuk menekan pemerintahan Trump.

“Sebagai pengguna TikTok, pencipta, mitra dan anggota keluarga, Anda memiliki hak untuk mengungkapkan pendapat Anda kepada semua tingkat anggota parlemen, termasuk pemerintah Gedung Putih,” kata pernyataan itu.