Wahai Korban PHK Startup, Ada Modal Bisnis Miliaran Rupiah Ni

0
264
sejumlah karyawan Zomato kena PHK
sejumlah karyawan Zomato kena PHK

Badai PHK sedang terjadi di industri startup. Untuk itu East Ventures, membuat program yang ditunjukkan untuk para karyawan yang terdampak PHK.

Program tersebut merupakan inisiatif keempat dari Indonesia Pasti Bisa Maju Terus Pantang Mundur. Peserta yang mengikuti program itu berkesempatan mendapatkan pendanaan US$500 ribu (sekitar Rp 7,8 miliar).

“Ribuan talenta dalam ekosistem teknologi kehilangan pekerjaannya. Kami percaya bahwa talenta yang terkena dampak memiliki potensi yang besar, hanya saja berada pada waktu dan kondisi yang tidak menguntungkan,” kata Co-Founder dan Managing Partner East Ventures, Wilson Cuaca dalam keterangannya, dikutip Kamis (24/11/2022).

Ia pun menjelaskan inisiatif ini jadi salah satu solusi maraknya PHK karyawan. Khususnya yang terjadi dalam ekosistem teknologi.

Program ini membuat peserta bisa mengembangkan ide bisnis dan melangkah untuk membentuk startup.

Mereka bisa mewujudkan ide bisnis, mendapatkan pembinaan dari ahli ekosistem digital di berbagai bidang, terhubung investor, dan menerima pendanaan dalam bentuk uncapped convertible notes untuk 30 tim.

Terdapat sejumlah kegiatan dalam program tersebut. Mulai dari pendaftaran 23-30 November 2022, pengumuman tim terpilih 1 Desember 2022, dan Coaching serta Hackathon 2-12 Desember 2022.

Demo Day akan dilakukan pada 13-14 Desember 2022. Sementara pengumuman program pada tanggal 14 Desember 2022.

Program untuk memfasilitasi korban PHK startup bukan baru kali ini saja. Sebelumnya Day One Ventures juga menawarkan inisiatif yang sama bernama Funded Not Fired pada 8 November 2022, dengan pendanaan US$100 ribu (Rp 1,5 miliar) untuk 20 startup baru.